Blog belum Mati

30 Nov 2010

Ngeblog belum menjadi sesuatu yang primitif meski Twitter dan Facebook makin digemari. Kini semakin menjanjikan keuntungan.

Maria Jeanindya

KAMIS pekan lalu, laman Guardian.co.uk melaporkan blog populer Perezhflton. com ditawar senilai US$20 juta. Pemilik blog itu. Mario La-vandeira, dikabarkan akan menerima USS18 juta di muka. Sisanya, dibayarkan dalam tahun berjalan.

Morio mendapatkan penawaran tersebut dari rivalnya, Avid Life Media yang mengelola HotoTtwt.com. Isi laman mereka memang serupa. Namun Perezhilton.com lebih melegenda. Pada Februari 2010, misalnya, setiap .mikol di laman Perezliilton.com dibaca rata-rata 14 juta orang per hari. Lantaran itu. Avid Life Media gerah juga. Jika penawaran itu berhasil, kelak PereMlton.com akan dikelola Zack Taylor yang selama ini menulis gosip selebritas di blog Zacktny-lor.cn dan Nik Richie yangmengelola Thedirty.com.

Luar biasa memang, lantas bagaimana di Indonesia?

Meski belum sampai pada sebuah nilai yang fenomenal, kecenderungan itu ada. Kamis pekan lalu, di Jakarta, hasil analisis pengaruh tiga narablog Enda Nasution, Ramya Pra-jna Sahisnu, dan Agatha Novi Ardhiati dipublikasikan saat peluncuran Sitti, platform ikl.in digital berbahasa Indonesia.

“Keberadaan mereka temyata cukup berpengaruh di lndonesia,” tegas Andi Sjarif dalam peluncuran platform iklan digital Sitti di salah satu mal di bilangan Senayan, Jakarta. Pengaruh yang dimaksudkan pemilik Sitti itu ialah tentang bagaimana kata-kata serta topik dituangkan ketiga narablog tersebut menjadi pembicaraan banyak orang.

Tentang bagaimana kata-kata yang mereka sampaikan lewat blog masing-masing diperbincangkan ulang, di-post-ing ke Twitter untuk kemudian dikomentari dan di-rctweet orang lain,” lanjut Andi. Lantas dia mengajukan contoh blog milik Enda. Artikel di blog yang beralamat di Enda. goblogmedia.com, diperbincangkan ulang oleh lebihdari 5.000 orang. Mereka menuliskan kembali insight artikel, berkomentar atas tulisan itu di Facebook. atau sekadar berbagi taulan. Begitu juga dengan blog milik Ramya dan Agatha.

“Kurang lebih ada 1,17 juta orang yang membincangkan ulang apa yang ketiga narablog ini sampaikan dalam blog masing-masing,” kata Andi yang menggunakan metode analisis jejaring sosial untuk mendapatkan besaran pengaruh seorang narablog.

Lebiii Lanjut Andi menyebutkan jumlah orang yang memperbincangkan 500 blog paling top di Indonesia setara dengan jumlah pengunjung dua situs berita terpopuler, Kotitpns.com dan Detik.com. Sejauh ini, kata Andi mengutip data Nielsen, ada 1,5 juta narablog di Indonesia.

Pilih pilah topik

Agatha ataupun Ramva mengaku tak menduga nama mereka masuk ke daftar narablog berpengaruh. Pun demikian, mereka tidak menampik beberapa kali topik tulisan dalam blog merekaramai diperbincangkan. “Beberapa waktu lalu saya menulis tentang pikir dulu sebelum publish. Dan memang cukup banyak orang yang mengomentari blog saya saat itu. Mungkin karena jejaring sosial sekarang sudah sangat populer, hingga orang perlu untuk tahu hal ini,” ucap Aga-tha yang mengaku membaca sekitar 40 blog via google reader setiap harinya.

Pemilihan topik dalam bio;; bis. jadi morup.ik.iu alasan mengapa sebuah blog menjadi berpengaruh. Agatha yang bekerja sebagai psikolog sekaligus dosen itu memilih untuk berbagi pelajaran dari banyak pengalaman pribadi dalam blogn) .i, wtinaiimliiktvrsil m om, Dia populer dengan sebutan Mbakdos.

Adapun Ramya menggunakan blog beralamat http//think. zveb.id/brain. untuk menulis pemasaran melalui internet dan online branding. Topik itu rupanya diminati. Karena saat ini makin banyak orang tertarik dengan kemudahan menjual barang lewat dunia maya. “Yang juga cukupbanyak mendapat perhatian beberapa waktu lalu, waktu saya menghadiri konferensi Facebook. Saya ngetweel dari lokasi konferensi, dan komentar yang masuk cukup banyak saat itu,” ucap Ramya yang mengaku memiliki kurang lebih 1.500 follower di akun Twitter.

Adapun Enda membagi tulisan dalam blog pribadinya ke dalam dua kategori. “Pertama, tulisan panjang yang berisikan tentang refleksi dan pengalaman pribadi. Kedua, tulisan pendek yang menyertakan sebuah link situs di dalamnya,” katanya.

Segala sesuatu yang ia anggap menarik bisa menjadi inspirasi untuk membual tulisan panjang dalam blognya. *Uugi-tu juga kalau saya menemukan link yang menarik di internet,” lanjutnya. Secara umum, Enda ingin membuat para pembaca blognya berpikiran lebih terbuka terhadap ide baru dan pan dangan orang lain.

“Secara spesifik, blog ini bertujuan untuk membuat para pembacanva mengecek kembali pandangan yang dimiliki karena hal ini bisa membuat kita lebih kritis terhadapinformasi yang kita dapatkan,” lanjutnya. Enda membuat satu tulisan panjang setiap minggu di blog. Untuk tulisan pendek, Enda menyempatkan diri menulis tiga sampai lima artikel per minggu. Tapi untuk menulis di micToblogging seperti Twitter yang bisa langsung terintegrasi ke Facebook dan blog, dalam sehari bisa beberapa kali,” lanjut Enda yang dijuluki bapak blnger Indonesia itu.

Para norablog itulah, kata Andi, yang memiliki potensi besar untuk berkolaborasi dalam kampanye digital. “Apalagi sekarang dunia iklan digital sedang naik daun. Dila kekuatan ini dicermati nleh par.i pengiklan, incivkj .id.ii.ih sumber-sumber potensial,” ucap Andi. Dengan begitu, pemasang iklan diuntungkan karena produknya dipromosikan, dan narablog bisa mendapatkan penghasilan langsung dari blog mereka. (M-6)

Pasar lukisan Online www.artkreatif.net



TAGS Blog belum Mati


-

Author

Follow Me