Ngeblog Lewat Ponsel

30 Nov 2010


st1\:*{behavior:url(#ieooui) }

KAMBINGJANTAN karya Raditya Dika,sebelum menjadi buku dan sekarang difilmkan temyata sebelumnya sudah tayang di Blog.Dengan gaya menulis komedi yang lepas pakem, dan apa adanya, Kambingjantan sukses
menjadi bestseller. Lewat medium Blog inilah Raditya berkreasi sebelum akhirnya terjun ke dunia perbukuan dan film.

DIPERKENALKAN sejak 1997, Blog atau weblog adalah spesies baru yang tumbuh cepat di alam maya. Pada dasarnya ada dua kategori Blog. yakni Blog berdasarkan catatan sehari-hari seperti diari, dan Blog yang berdasar suatu topik tertentu. Untuk Jenis terakhir ini biasanya dijadikan alat tukar pikiran antarsesama Blogger. Jangkauan tema yang dibicarakan Blog memang beragam, seperti halnya tema-tema yang biasa kita tulis di milis.

Sekarang Ini Blog tak hanya dapat dinikmati lewat laptop atau komputer, tapi juga dengan ponsel. Seperti yang terjadi pada konser Avril Lavigne di Montreal, Kanada, awal Maret 2004. Konser itu terbilang unik, karena penggemarnya di seluruh dunia bisa menikmati foto-foto dan rekaman video pertunjukan penyanyi alternatif itu di sejumlah situs Blog dengan fasilitas kamera digital dan video recorder di telepon seluler yang ada di tangan mereka. Para Blogger di lapangan, hampir setiap menit mereka mengirimkan foto-foto mutakhir konser Avril agar dapat dinikmati para Blogger penggemar penyanyi cewek berambut pirang Itu.Tak heran jika, dalam waktu singkat gaya ngeblog lewat tekonologi bergerak Ini menjadi trend. Istilahnya, mobile Blogger. Jadi untuk mengirimkan foto, gambar dan komentar, kini para Blogger tidak harus terpaku di komputer pribadi atau laptop saja, tapi bisa lewat telepon genggam. Mobilitas tidak lagi menjadi halangan.

Caranya pun relatif mudah. Cukup dengan mendaftarkan diri menjadi peserta di situs macam FoneBlog. Buzznet, Manywhere. MoBlogger, ataupun WapBlog. Anda sudah bisa mengirimkan momen-momen istimewa Anda untuk dipajang di galeri khusus dan dibagi kepada keluarga, komunitas alumni, atau publik secara terbuka. Semua Itu makin dipermudah karena saat ini sudah ada peranti lunak khusus di ponsel yang dapat mendukung para Blogger bergerak agar tetap online dan terhubung dengan Web. Diary multimedia bergerak semacam ini segera meramaikan jagat Blog.

Kecenderungan makin ramainya Jagat Blog melalui ponsel ini. menjadi perhatian produsen ponsel terbesar di dunia saat ini. Nokia, yang kemudian meluncurkan peranti lunak LifeBlog. Setelah mengaplikasi LifeBlog ponsel secara otomatis akan mengatur seluruh pesan.- foto, video, klip suara, serta mengirim teks, e-mail, dan pesan multimedia. Peranti lunak ini menyusun informasi dalam sebuah urutan waktu [timeline) dan memungkinkan orang menambah koleksi tersebut dengan materi-materi digital terbaru untuk dipublikasikan ke dalam web sehingga dapat membual Blog pribadi sendiri.

Dengan ponsel maka sekarang dunia bak di gengaman tangan. “Ponsel saat ini akan menjadi sebuah perekam kehidupan [life recorder), ujar Christian Lin-dholm. orang di balik proyek LifeBlog Nokia Ini. Lindholm mengakui. LifeBlog merupakan bagian dari pertumbuhan pasar personal content manager dan akan bersaing dengan (Life Apple dan produk lain macam Picasa. Peranti lunak LifeBlog ini bekerja pada PC. Ketika ponsel terhubung dengan mesin, semua foto, teks dan pesan multimedia akan ditarik dan disimpan ke dalam handsel. Kemudian ponsel akan mengaturnya berdasarkan informasi yang disusun secara kronologis dan membubuhlnya dengan catatan waktu dan tempat momen diambil. Hanya saja, untuk sementara peranti lunak ini tidak bisa dipakai pada ponsel selain seri 60 karena ponsel ini menggunakan peranti lunak connectivity layer yang tak dimiliki oleh seri ponsel terdahulu.

Pasar Lukisan online www.artkreatif.net


TAGS Ngeblog Lewat Ponsel


-

Author

Follow Me