PESTA BLOGGER CIPTAKAN IKLIM NGEBLOG POSITIF

30 Nov 2010

INILAH komunitas blogger Indonesia. Pesta Blogger, namanya. Komunitas ini untuk pertama kalinya menggelar temu nasional 27 Oktober 2007, yang dihadiri oleh Menkominfo [kala itu]
Pada kesempatan im, Nuh sekaligus menetapkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Pesta Blogger 2007 diprakarsai oleh konsultan kehumasan Maverick bersama Bubu Internet, didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi RI.

Dikoordinasikan oleh Enda Nasution, Pesta Blogger 2007 mengambil tempat di Blitz Megaplex, Grand Indonesia Lantai 8, Jakarta. Inilah forum kumpul-kumpul para blogger berskala nasional pertama di Indonesia, yang melibatkan para blogger terkemuka di bidangmasing-masing.Sebagaimana ditulis pada www.pestablogger.com, Pesta Blogger pertama itu bertemakan Suara Baru Indonesia. Tema ini dipilih, karena pesta ini diharapkan juga akan menjadi wadah pertemuan dan diskusi bagi para blogger untuk bersama-sama menciptakan iklim ngeblog yang positif di Indonesia; sehingga dapat menjadi media ekspresi baru yang mampu menyuarakan pikiran, pendapat, dan perasaan para blogger Indonesia.

BLOGGER MANCANEGARA

Pesta Blogger 2008berlangsung 22 November, dengan Wicaksono alias Ndoro Kakung sebagai ketua pelaksana. Jumlah peserta yang hadir meningkat dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya, yakni mencapai 1.000 blogger.Seminggu sebelum Pesta Blogger 2008 diadakan blogging trip, diikuti blogger-blogger dari mancanegara seperti Mark Tafoya (Amerika), Anthony Bianco (Australia), Jeff Ooi (Malaysia), Mr Brown (Singapura), dan Mike Aquino (Filipina). Mereka menulis mengenai perjalanan mereka di Bali-Jogja-Jakarta dan pertemuan mereka dengan komunitas blogger lokal Bali Blogger Community dan Cah Andong Jogja.

Tahun berikutnya, 2009, Pesta Bloggerdiselenggarakan di Exhibition Hall, Gedung SMESCO Indonesia, Jalan Jend Gatot Subroto Kav. 94 Jakarta, 24 Oktober. Pesta Blogger kali ini bertemakan One Spirit One Nation.Menurut Imam Brotoseno, Ketua Panitia Pesta Blogger 2009, tema itu muncul karena adanya proses demokrasi dan berakhirnya pemilu merupakan waktu yang tepat untuk memulihkan diri dan melakukan konsolidasi sehingga kita bisa maju bersama-sama sebagai satu kekuatan. Selain itu, blog dan social media lainnya mampu melampaui batas-batas fisik, religius, maupun kultural untuk membawa kita bersatu sebagai satu bangsa dan satu semangat, (yuwono/st)

Pasar lukisan Online www.artkreatif.net


TAGS PESTA BLOGGER CIPTAKAN IKLIM NGEBLOG POSITIF


-

Author

Follow Me