Vietnam Penjarakan Dua “Blogger”

30 Nov 2010

Hanoi - Polisi Vietnam Selatan menangkap dua blogger selama akhir pekan menjelang Kongres Partai Komunis, ungkap aktivis hak-hak asasi manusia (HAM) dan media pemerintah, Selasa (26/10).

Le Nguyen Huong Tra, blogger dengan nama samaran Do Long Girl, ditangkap di rumahnya di Kota Ho Chi Minh, Sabtu malam. Tra dituduh memfitnah seorang pejabat senior pemerintah, kata surat kabar online VhErpness, Selasa.

“Tra dituduh mencemarkan nama baik dengan mengklaim pejabat tersebut terkait dalam pemilihan kontes kecantikan Miss Vietnam. Para pemenang adalah artis-artis yang menjadi pacar putranya,” kutip VnExpress. Penyelidikan polisi mengatakan Tra telah memfitnah si pejabat dan membuat keluarganya mendapat malu.

Sementara itu, polisi Kota Ho Chi Minh juga menahan blogger Phan Thanh Hai, yang dikenal sebagai Anhbasg, pada akhir pekan dan memperpanjang penahanan Nguyen Van Hai, blogger yang dikenal sebagai Dieu Cay.

Dia telah menjalani 30 bulan penjara karena menye-barkan tuduhan palsu soal penggelapan pajak, kata aktivis Human Rights Watch, New York. ieu Cay dituding menggelapkan pajak dan dipenjara 30 bulan setelah mendorong masyarakat memprotes acara obor Olimpiade di Kota Ho Chi Minh menjelang Olimpiade Beijing lalu. Dia juga mengkritik kebijakan China di Tibet serta mengkritik Vietnam dalam penanganan sengketa Kepulauan Spratly di Laut China Timur.

“Pemerintah Vietnam tidak tahu malu dalam merancang tuduhan dan rasionalisasi agar para pengecam perdamaian seperti Dieu Cay tetap mendekam di penjara,” kata Phil Robertson, Wakil Direktur HRW Asia.

“Menjelang kongres Partai Komunis kritikus pemerintah menjadi sasaran.” Partai Komunis yang berkuasa dijadwalkan akan mengadakan kongres lima tahunan, bulan Januari. Dalam kongres akan dipilih pemimpin partai dalam proses yang tertutup dan akan mengendalikan arah negara lima tahun mendatang, (ap/nat)


TAGS Vietnam Penjarakan Dua "Blogger"


-

Author

Follow Me